STRATEGI PENGUATAN MANAJEMEN KOLABORATIF ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PAUD

Authors

  • Ade Irma Noviyanti Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pipit Rika Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Sugihartatik Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.70305/jmdm.v2i1.129

Keywords:

manajemen kolaboratif, guru PAUD, orang tua, kemitraan, layanan PAUD.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru PAUD dalam membangun manajemen kolaboratif dengan orang tua sebagai upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan anak usia dini. Pengabdian ini dilaksanakan di Kabupaten Jember dengan pendekatan partisipatif berbasis workshop dan pendampingan. Hasil identifikasi awal menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam layanan PAUD masih terbatas dan belum dikelola secara sistematis. Melalui pelatihan dan simulasi, guru PAUD diberikan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam menjalin kemitraan yang efektif. Peserta pelatihan menyusun rencana aksi kolaboratif yang kemudian diimplementasikan di lembaga masing-masing dengan pendampingan dari tim pengabdian. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru dalam membangun kolaborasi, serta terbentuknya jejaring komunikasi antar guru PAUD. Penguatan manajemen kolaboratif ini terbukti menjadi strategi efektif dalam mendukung peningkatan mutu layanan PAUD di tingkat lokal.

References

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard University Press. DOI: https://doi.org/10.4159/9780674028845

Dunst, C. J., Johanson, C., Trivette, C. M., & Hamby, D. W. (1991). Family-oriented early intervention policies and practices: Family-centered or not? Exceptional Children, 58(2), 115–126. DOI: https://doi.org/10.1177/001440299105800203

Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools (2nd ed.). Routledge.

Goodall, J., & Montgomery, C. (2014). Parental involvement to parental engagement: A continuum. Educational Review, 66(4), 399–410. DOI: https://doi.org/10.1080/00131911.2013.781576

Kemendikbud. (2021). Panduan Pelaksanaan Kemitraan Orang Tua dan Satuan PAUD. Direktorat PAUD, Kemendikbudristek.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2011). Effective teaching: Evidence and practice (3rd ed.). SAGE Publications.

OECD. (2017). Starting Strong V: Transitions from Early Childhood Education and Care to Primary Education. OECD Publishing. DOI: https://doi.org/10.1787/9789264276253-en

UNESCO. (2010). Early Childhood Care and Education: Regional Report for Asia and the Pacific.

UNICEF. (2019). A World Ready to Learn: Prioritizing quality early childhood education.

Yulianti, K. (2020). Membangun kolaborasi antara orang tua dan guru dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 235–245.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Noviyanti, A. I., Pipit Rika Wijaya, & Sugihartatik. (2025). STRATEGI PENGUATAN MANAJEMEN KOLABORATIF ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PAUD. Jurnal Mitra Dedikasi Masyarakat, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.70305/jmdm.v2i1.129

Issue

Section

Article