PELATIHAN MENULIS JURNAL ILMIAH I LP MA’ARIF PCNU KABUPATEN MALANG

Authors

  • Muhammad Masykur Baiquni Universitas Al Qolam

DOI:

https://doi.org/10.70305/jmdm.v2i1.139

Keywords:

Pelatihan, menulis jurnal ilmiah, guru madrasah, LP Ma’arif, publikasi ilmiah.

Abstract

Pelatihan menulis jurnal ilmiah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas akademik guru madrasah dalam menyusun karya ilmiah yang berkualitas dan sesuai standar jurnal nasional maupun internasional. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh LP Ma’arif PCNU Kabupaten Malang pada tanggal 21 dan 22 Juni 2025 di ruang literasi Gedung Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan peserta sebanyak 20 guru madrasah. Tujuan pelatihan ini adalah membekali peserta dengan teknik penulisan jurnal ilmiah yang baik, termasuk pemahaman struktur artikel, teknik pengumpulan data, analisis, hingga publikasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, latihan menulis, dan studi kasus. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menulis artikel ilmiah serta kesiapan untuk mengirimkan karya ke jurnal terakreditasi. Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong guru madrasah menjadi penulis ilmiah yang produktif dan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

References

Abdullah, M. (2017). Integrasi Pendidikan Islam dan Ilmu Pengetahuan di Madrasah.

Jakarta: Rajawali Pers.

Cochran-Smith, M., & Lytle, S. L. (1999). The teacher research movement: A decade DOI: https://doi.org/10.2307/1176137

later. Educational Researcher, 28(7), 15-25.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods

Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Darling-Hammond, L. (2000). Teacher Quality and Student Achievement: A Review of DOI: https://doi.org/10.14507/epaa.v8n1.2000

State Policy Evidence. Educational Policy Analysis Archives, 8(1).

Fauzan, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Penulisan Artikel

Ilmiah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change (4th ed.). New York:

Teachers College Press.

Hargreaves, A. (2003). Teaching in the Knowledge Society. New York: Teachers

College Press.

Hidayat, R. (2019). Kendala Guru Madrasah dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal

Pendidikan Islam, 5(2), 45-60.

Hidayati, S. (2023). Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan

Kompetensi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10

Leo, Sutanto. (2017). Mencerahkan Bakat Menulis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhadi. (2017). Handbook of Writing: Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Sinar

Grafika Offset.

Suherli. (2010) Menulis Karangan Ilmiah: Kajian dan Penuntun dalam Menyusun Karya

Tulis Ilmiah. Depok: Arya Duta

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Baiquni, M. M. (2025). PELATIHAN MENULIS JURNAL ILMIAH I LP MA’ARIF PCNU KABUPATEN MALANG. Jurnal Mitra Dedikasi Masyarakat, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.70305/jmdm.v2i1.139

Issue

Section

Article