Penguatan Kesadaran Demokrasi dan Partisipasi Pemilih Pemula melalui Program Edukasi Pemilu

Authors

  • wahyu Sudrajad universitas kristen cipta wacana
  • wahdatur rike universitas kristen cipta wacana
  • A. Taufiq Hidayat universitas kristen cipta wacana
  • wahyu sudrajad universitas kristen cipta wacana

DOI:

https://doi.org/10.70305/jmdm.v1i2.74

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran demokrasi dan partisipasi pemilih pemula melalui edukasi pemilu berbasis partisipatif dan digital. Pemilih pemula sering menghadapi kendala dalam memahami pentingnya pemilu serta mudah terpengaruh oleh informasi hoaks. Kegiatan ini meliputi seminar, lokakarya, simulasi pemilu, dan penyusunan panduan digital untuk memberikan pemahaman mendalam tentang demokrasi dan mekanisme pemilu. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pemilu, kemampuan menangkal hoaks, serta terbentuknya jaringan pemilih pemula yang aktif mempromosikan nilai-nilai demokrasi. Simulasi pemilu memberikan pengalaman langsung yang memperkuat motivasi peserta untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemilu. Program ini berhasil menciptakan fondasi kuat bagi pemilih pemula untuk menjadi agen perubahan yang mendukung demokrasi yang sehat dan berintegritas.

References

Antari, P. E. D. (2018). Interpretasi demokrasi dalam sistem mekanis terbuka pemilihan umum di Indonesia. Jurnal Panorama Hukum, 3(1), 87–104.

Erlina, F. (2023). Dinamika Sistem Pemilu dan Demokratisasi Partai Politik di Indonesia Pasca Reformasi. Kosmik Hukum, 23(2), 200–220.

Huda, N. (2017). Penataan Demokrasi dan Pemilu di Indonesia. Kencana.

Kelibay, I., Boinauw, I., Kamaluddin, K., Kadir, M. A. A., & Rosnani, R. (2023). Sosialisasi pendidikan politik pada pemilih pemula (siswa/siswi SMA kelas XII) di kota Sorong pada pemilu serentak tahun 2024. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 654–660.

Pratama, A. (2019). SISTEM SIMULASI PERHITUNGAN SUARA UNTUK PEMBAGIAN KURSI PARLEMEN MENGGUNAKAN METODE HARE QUOTA DAN SAINTE LAGUE. Universitas Bhayangkara.

Samosir, O., & Novitasari, I. (2022). Hak Politik Warga Negara Dalam Cengkeraman Politik Identitas: Refleksi Menuju Pemilu Serentak Nasional Tahun 2024. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(3), 332–346.

Siregar, A. N. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Wujud Peningkatan Partisipasi dan Kesadaran Kaum Milenial dalam Pemilu Serentak 2024. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 103–108.

Suhariyanto, D. (2024). PENGABDIAN MASYARAKAT PEMETAAN KERAWANAN PEMILIHAN UMUM (PEMILU) SERENTAK TAHUN 2024 (PENCEGAHAN KAMPANYE POLITISASI SARA, HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2348–2352.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Sudrajad, wahyu, rike, wahdatur, A. Taufiq Hidayat, & sudrajad, wahyu. (2024). Penguatan Kesadaran Demokrasi dan Partisipasi Pemilih Pemula melalui Program Edukasi Pemilu. Jurnal Mitra Dedikasi Masyarakat, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.70305/jmdm.v1i2.74