ANALISIS SOAL UJIAN SEMESTER MENGGUNAKAN TEORI TAKSONOMI BLOOM DI SDN GUNUNGANYAR 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.70305/jrc.v1i1.95Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat taksonomi Bloom pada soal-soal ujian semester II. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode tabulasi dan dokumentasi dengan mengumpulkan data dari guru dan siswa. Penelitian ini menganalisis soal-soal yang mencakup tingkatan taksonomi Bloom dengan membuat tabel ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Analisis pada penelitian ini juga akan menjelaskan tentang kesesuain soal ujian dengan taksonomi bloom
Kata Kunci : Taksonomi Bloom, Soal Ujian, Sekolah Dasar
References
Anderson, L. W et al. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Basuki, Ismet dan Haryanto. (2014) Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Budiningsih, C.Asri.(2012) Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta
Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Penulisan Butir Soal, (Sumber BNSP). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alphabeta
Downloads
Published
Versions
- 2025-09-22 (5)
- 2025-04-25 (4)
- 2025-04-25 (3)
- 2025-01-13 (2)
- 2025-01-13 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Multi Saintech

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.