PERAN BAHASA INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN KOMUNIKASI INKLUSIF DI DUNIA PENDIDIKAN

Main Article Content

Winda Purnama Sari
Ayu Faizatul Mabrurah
Imas Masidah Zianatul Millah
Nonny Rulisty Putri Sutikno

Abstract

The Indonesian language plays an important role in building fair and inclusive communication in the educational world. The diversity of social backgrounds, cultures, and abilities of learners demands a means of communication that can bridge these differences. This study aims to outline how Indonesian as a national language, contributes to creating an equal and inclusive learning environment. Using a conceptual approach of library study this article highlights the role of language in shaping harmonious interactions, as well as the importance of empathic and adaptive use of language by educators. The results of the study show that the inclusive application of Indonesian language can increase learning participation, decrease the potential for discrimination, and strengthen social cohesion in the educational environment.

Article Details

How to Cite
Sari, W. P., Ayu Faizatul Mabrurah, Imas Masidah Zianatul Millah, & Nonny Rulisty Putri Sutikno. (2025). PERAN BAHASA INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN KOMUNIKASI INKLUSIF DI DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Lentera Edukasi, 3(3), 113–117. https://doi.org/10.70305/jle.v3i3.128
Section
Articles

References

Agustriawan, Bagas, and Muhamad Sholeh. 2023. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Ekstrakulikuler SDN Airlangga 1/198 Surabaya.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 11(1): 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/56255%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/56255/44469.

Annas Darma Ahyan Tasita, Hilma Shofiyah, Lutfi Hakim Sofyan, Muhammad Herdi Maulana, Salsa Eka Saputri, Syahril Septian Gunawan Akbar, and Mochamad Whilky Rizkyanfi. 2024. “Peran Bahasa Indonesia Dalam Peningkatan Komunikasi Dan Interaksi Dalam Pembelajaran PJOK.” Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga 4(2): 339–47. doi:10.55081/jumper.v4i2.1770.

Auliya, Haya, Kultsum Sayyidah, Hanifa Aurelia Humaira, Ilmas Permata, Intan Citra Rusmayanti, Ismi Alya, Dwi Agiesta, and Mochamad Whilky Rizkyanfi. 2025. “PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG INKLUSIF PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Hanya Berfungsi Sebagai Sarana Komunikasi Formal Dalam Dunia Manajemen Perkantoran , Tetapi Keragaman . Dalam Konteks Manajemen Perkantoran , Penggunaan Bahasa Yang Inklus.” 6(3): 2993–3000.

Haeahan, Deviana Claudia, Katlin Febriana Nainggolan, Dinda Oktaveresia Sitorus, and Ika Febriana. 2023. “Pemerintahan Identitas Budaya Melalui Pendidikan: Peran Bahasa Indonesia Di Samping Bahasa Asing Di Era Globalisasi.” J-EDu Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht 3(1): 1–7.

Kurniawan, Bima, and Universitas Trunojoyo Madura. 2024. “Kekuatan Bahasa Inklusif : Pengaruhnya Terhadap Aspek Kognitif Dan Afektif Dalam Komunikasi.” : 503–15.

Nurhayati, Icha Alia, M Fahri Sabiqul Khoer, Syafitri Nur Maharani, and Mochamad Whilky. 2023. “Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membantu Kelancaran Berkomunikasi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Pendidikan Indonesia.” KAMPRET Journal 2(3): 94–97.

Putri, Hanin Wulan Fatia, Pina Nurhida, and Sobrul Laeli. 2024. “Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif Di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02.” Karimah Tauhid 3(7): 8074–80. doi:10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332.

Vania, Eka Putri, and Moh. Ahsan Shohifur Rizal. 2024. “Inovasi Pendidikan: Menerapkan Konsep Inklusi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mewujudkan Kemandirian Dan Keberagaman Siswa.” Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran 8(1): 1–10. doi:10.29407/jbsp.v8i1.21511.

Agustriawan, Bagas, and Muhamad Sholeh. 2023. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Ekstrakulikuler SDN Airlangga 1/198 Surabaya.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 11(1): 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/56255%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/56255/44469.

Annas Darma Ahyan Tasita, Hilma Shofiyah, Lutfi Hakim Sofyan, Muhammad Herdi Maulana, Salsa Eka Saputri, Syahril Septian Gunawan Akbar, and Mochamad Whilky Rizkyanfi. 2024. “Peran Bahasa Indonesia Dalam Peningkatan Komunikasi Dan Interaksi Dalam Pembelajaran PJOK.” Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga 4(2): 339–47. doi:10.55081/jumper.v4i2.1770. DOI: https://doi.org/10.55081/jumper.v4i2.1770

Auliya, Haya, Kultsum Sayyidah, Hanifa Aurelia Humaira, Ilmas Permata, Intan Citra Rusmayanti, Ismi Alya, Dwi Agiesta, and Mochamad Whilky Rizkyanfi. 2025. “PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG INKLUSIF PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Hanya Berfungsi Sebagai Sarana Komunikasi Formal Dalam Dunia Manajemen Perkantoran , Tetapi Keragaman . Dalam Konteks Manajemen Perkantoran , Penggunaan Bahasa Yang Inklus.” 6(3): 2993–3000. DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v6i3.3082

Haeahan, Deviana Claudia, Katlin Febriana Nainggolan, Dinda Oktaveresia Sitorus, and Ika Febriana. 2023. “Pemerintahan Identitas Budaya Melalui Pendidikan: Peran Bahasa Indonesia Di Samping Bahasa Asing Di Era Globalisasi.” J-EDu Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht 3(1): 1–7. DOI: https://doi.org/10.30598/J-EDu.4.1.58-63

Kurniawan, Bima, and Universitas Trunojoyo Madura. 2024. “Kekuatan Bahasa Inklusif : Pengaruhnya Terhadap Aspek Kognitif Dan Afektif Dalam Komunikasi.” : 503–15.

Nurhayati, Icha Alia, M Fahri Sabiqul Khoer, Syafitri Nur Maharani, and Mochamad Whilky. 2023. “Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membantu Kelancaran Berkomunikasi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Pendidikan Indonesia.” KAMPRET Journal 2(3): 94–97.

Putri, Hanin Wulan Fatia, Pina Nurhida, and Sobrul Laeli. 2024. “Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif Di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02.” Karimah Tauhid 3(7): 8074–80. doi:10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332. DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332

Vania, Eka Putri, and Moh. Ahsan Shohifur Rizal. 2024. “Inovasi Pendidikan: Menerapkan Konsep Inklusi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mewujudkan Kemandirian Dan Keberagaman Siswa.” Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran 8(1): 1–10. doi:10.29407/jbsp.v8i1.21511. DOI: https://doi.org/10.29407/jbsp.v8i1.21511