ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN PEMINATAN SISWA KELAS XII SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DI SMA

Isi Artikel Utama

Nelty Putri Burnama
Abdullah Pandang
Sahril Buchori

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan layanan peminatan siswa kelas XII sebagai dasar pengembangan program bimbingan karier di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara mendalam dan observasi langsung. Wawancara dilakukan terhadap dua orang guru BK dan lima orang siswa, sementara observasi dilakukan untuk memahami konteks lingkungan sekolah. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tema utama yang mencerminkan kebutuhan layanan peminatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karier di SMAN 4 Maros belum optimal, dengan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan studi dan karier karena kekurangan informasi dan media bimbingan yang menarik. Pengembangan modul perencanaan karier yang komprehensif dan mudah diakses diidentifikasi sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas bimbingan karier di sekolah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri Burnama, N., Abdullah Pandang, & Sahril Buchori. (2025). ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN PEMINATAN SISWA KELAS XII SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DI SMA. Jurnal Lentera Edukasi, 3(2), 71–79. https://doi.org/10.70305/jle.v3i2.112
Bagian
Articles

Referensi

Albalawi, S. D. J., Jaafar, W. M. W., Ismail, A., & Yusop, Y. M. (2022). Effect of Career Development Module (CDIM) on Students’ Career Maturity and Decision Making in Saudi Arabia. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(6), e001545-e001545. DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i6.1545

Astuti, B., Purwanta, E., Lestari, R., Bhakti, C. P., Anggela, E., & Herwin, H. (2022). The Effectiveness of Digital Module to Improve Career Planning of Junior High School Students. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(3), 940-950. DOI: https://doi.org/10.18844/wjet.v14i3.7396

Billett, S. (2019). Vocational Education and the Individual. In D. Guile & L. Unwin (Eds.), The Wiley Handbook of Vocational Education and Training (Chapter 3). Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/9781119098713.ch3 DOI: https://doi.org/10.1002/9781119098713.ch3

Derkachev, I. S. (2024). Key features of supporting personalized career guidance work in the digital career guidance environment of schools. Pedagogy. Theory & Practice, 9(3), 261-268. https://doi.org/10.30853/ped20240034 DOI: https://doi.org/10.30853/ped20240034

Fedrina, F. A. D. S., & Juliejantiningsih, Y. (2024). Analysis of Career Planning Ability Level of Vocational High School Students. Quanta Journal, 8(2).75–80. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4723 DOI: https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4723

Insani, A., Aryani, F., & Anas, M. (2021). Pengembangan e-book interaktif bimbingan karir sebagai informasi studi lanjut bagi siswa SMA di Kabupaten Sinjai. Pinisi Journal of Education, 1-12.

Lee, Y., & Kim, M. (2014). What is the cause that change, makes giving up the career maturity of adolescents? Through qualitative research comparison of non-poverty youth and poverty youth. Korean J. Soc. Sci, 33, 157-179. DOI: https://doi.org/10.18284/jss.2014.12.33.2.157

Nur, E. W. (2023). Bimbingan Dan Konseling Karir Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN 6 Sidrap). Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 6(1). https://doi.org/10.47239/jgdd.v6i1.570 DOI: https://doi.org/10.47239/jgdd.v6i1.570

Nur, E. W., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Analisis Kebutuhan Layanan Bimbingan Karier Wirausaha dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8(1), 45-60. http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v8i1.9855 DOI: https://doi.org/10.29240/jbk.v8i1.9855

Nur, E. W., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Pengembangan E-Modul Karier Wirausaha Berbasis UMKM Lokal dengan Model Rowntree untuk Siswa SMAN 6 Sidrap. Jurnal Konseling Gusjigang, 10(1), 68-84. DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v10i1.12798

Nurfaegah. (2022). Pengembangan modul perencanaan studi lanjut dalam bimbingan karir di MAN 1 Bulukumba. Universitas Negeri Makassar.

Singh, B. (2022). To Study the Missing Component of Higher Education: Guidance & Counseling. Knowledgeable Research: A Multidisciplinary Journal, 1(3), 48-54. DOI: https://doi.org/10.57067/pprt.2022.1.3.48-54

Stuth, S. (2023, January 7). It's a matter of interest. How adolescents’ gender, social class, and vocational interests prevent the fit between their vocational interests and occupational aspirations. https://doi.org/10.31235/osf.io/q897w DOI: https://doi.org/10.31235/osf.io/q897w

Sutirna, S., & Intisari, I. (2022). Analysis of the Importance of Guidance and Counseling Services for Students. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 8(2), 101-108. https://doi.org/10.21009/jisae.v8i2.28090. DOI: https://doi.org/10.21009/jisae.v8i2.28090

Vaitulionienė, R., & Augienė, D. (2019). Career education in gymnasium: Career specialist position. Baltic Journal of Career Education and Management, 7(1), 21-32. https://doi.org/10.33225/bjcem/19.7.21 DOI: https://doi.org/10.33225/bjcem/19.7.21

Wijaya, A. S., Yusuf, A. M., & Irianto, A. (2020, August). A development of career guidance modules to improve youth career planning: Study at the Parupuk Tabing youth family development, Koto Tangah, Padang, West Sumatra. In 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019) (pp. 10-14). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.003

Yulianti, Y., Syakila, F., Dwi Kurnia Sari, & Asmawati, A. (2023). Career guidance helps students choose the right career path. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3470-3474. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6837 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6837