MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION DI SDN 4 PELEYAN Edisi Agustus
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran IPA memiliki kriteria ketuntasan minimal dengan nilai 65. Nilai siswa kelas V di SDN 4 Peleyan dalam pembelajaran IPA secara klasikal berada di bawah angka 65. Kenyataan yang terjadi di SD Negeri 4 Peleyan Kapongan Situbondo mengisyaratkan kondisi belajar yang kurang mendukung metode yang digunakan selama ini hanya menggunakan metode ceramah sehingga selama pembelajaran berlangsung siswa kurang aktif dan enggan terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang ditunjukkan dengan tidak membaca buku yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari, jarang mencatat penjelasan guru, tidak pernah bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya, sering mengabaikan tugas – tugas yang diberikan guru dan juga siswa kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan ide-ide kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Introduction) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya siswa kelas V di SDN 4 Peleyan. Selanjutnya, meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Introduction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya siswa kelas V di SDN 4 Peleyan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V semester II di SDN 4 Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Data yang diperoleh berupa hasil kerja kelompok, tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I menuju siklus II, yaitu masing-masing 55,5% dan 88,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Problem Based Introduction dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas V semester II di SDN 4 Peleyan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo.
Article Details
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
![]()
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits