MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENYIMAK DONGENG CERITA RAKYAT DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 LIMBOTO
Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan Media Video Animasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menyimak dongeng cerita rakyat kelas IV Di Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Limboto. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran materi menyimak cerita dongeng melalui media video animasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Pada observasi awal yang tuntas berjumlah 6 peserta didik 30%. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 13 peserta didik yang tuntas 65%, yang belum tuntas 7 peserta didik atau 35%. Pelaksanaan siklus II yang tuntas meningkat 18 peserta didik atau 90% dan yang belum tuntas 2 peserta didik atau 10%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui media video animasidapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa indonisa materi menyimak cerita dogengdi kelas IV SD 2 Muhammadiyah 2 Limboto.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits
References
Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (InformationCommunications Technologies) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika, 7(2), 67-76.
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1)
Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. Jurnal pendidikan fisika, 6 (1), 45-50.
Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).
Amalia, R. Kurangnya Tingkat Pemahaman Pendidik Terhadap Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013.
Daryanto. 2012. Media pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani sejatera.
Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan
Kemampuan Menyimak Dongeng Anak PADA Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).
Thoyyibah, H. (2017). Buku Mendongeng Cerita Rakyat Grobongan Sebagai Pengayaan Materi Cerita Rakyat, Pendidikan Bahasa jawa, 5(2), 26-32.
Dini Ayu, Cerita Rakyat Nusantara 34 profinsi,(Jakarta Selatan: Wahyumedia,2016),hlm 1.
Sukiman, pengembangan media pembelajaran, (Yogyakarta: Pedagogi, 2012), h/ 187-188.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media pembelajaran manual dan Digital Edisikedua, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2013), h. 64.
Julinus, N. dan A. (2016) Media dan sumber pembelajaran. Kencana.
Fathurrohman, D. (2017). ESENSI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BAGI WARGA NEGARA DI INDONESIA PADA ERA REFORMASI. JAMAK, 4(1),1-10.
Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran.