MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENYIMAK DONGENG CERITA RAKYAT DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 LIMBOTO

Main Article Content

Debi Pramesti Hasan
Yulanti S. Mooduto

Abstract

Masalah dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan Media Video Animasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menyimak dongeng cerita rakyat kelas IV Di Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Limboto. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran materi menyimak cerita dongeng melalui media video animasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Pada observasi awal yang tuntas berjumlah 6 peserta didik 30%. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 13 peserta didik yang tuntas 65%, yang belum tuntas 7 peserta didik atau 35%. Pelaksanaan siklus II yang tuntas meningkat 18 peserta didik atau 90% dan yang belum tuntas 2 peserta didik atau 10%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui media video animasidapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa indonisa materi menyimak cerita dogengdi kelas IV SD 2 Muhammadiyah 2 Limboto.

Article Details

How to Cite
Hasan, D. P., & Yulanti S. Mooduto. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENYIMAK DONGENG CERITA RAKYAT DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 LIMBOTO. Jurnal Lentera Edukasi, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.70305/jle.v3i1.105
Section
Articles

References

Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (InformationCommunications Technologies) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika, 7(2), 67-76.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1)

Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. Jurnal pendidikan fisika, 6 (1), 45-50.

Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).

Amalia, R. Kurangnya Tingkat Pemahaman Pendidik Terhadap Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013.

Daryanto. 2012. Media pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani sejatera.

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan

Kemampuan Menyimak Dongeng Anak PADA Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).

Thoyyibah, H. (2017). Buku Mendongeng Cerita Rakyat Grobongan Sebagai Pengayaan Materi Cerita Rakyat, Pendidikan Bahasa jawa, 5(2), 26-32.

Dini Ayu, Cerita Rakyat Nusantara 34 profinsi,(Jakarta Selatan: Wahyumedia,2016),hlm 1.

Sukiman, pengembangan media pembelajaran, (Yogyakarta: Pedagogi, 2012), h/ 187-188.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, Media pembelajaran manual dan Digital Edisikedua, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2013), h. 64.

Julinus, N. dan A. (2016) Media dan sumber pembelajaran. Kencana.

Fathurrohman, D. (2017). ESENSI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BAGI WARGA NEGARA DI INDONESIA PADA ERA REFORMASI. JAMAK, 4(1),1-10.

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran.