STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 01 LIMBOTO

Main Article Content

Rahmatia Raden
Yulanti S. Mooduto
Hendra Adiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah 1 Limboto dengan menggunakan model CIPP yakni konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dengan sumber data subjek dari penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasip kurikulump merdekap dip SD Muhammadiyah 1 Limboto relatifp memadaip dalam melaksanakanp kurikulum merdekap baikp dilihatp darip segi, lingkunganp sertap keadaanp sekolah yang mendukung terhadap proses pelaksanaan kurikulum merdeka, kedua, pemahamanp gurup terhadapi kurikulump merdeka, walaupun masih terdapat beberapa guru yang mengandalkan internet dalam pembuatan modul ajar, ketiga, pemahamanp siswa terhadapo kurikulump merdeka, pada tahun pertama diterapkan kurikulum merdeka hanya terdapat sebagian siswa yang memahami kurikulum merdeka, keempat, bukup pedomanp gurup danp siswa sudah relatif memadai, kelima, Sumber daya manusia atau tenaga pendidik dalam kualifikasinya semua sudah strata 1 (S1), keenam, saranap danp prasarana yang tersedia disekolah sudah relatif memadai, dalam hal persiapanp mengajarp kurikulump merdeka guru lebih banyak menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, serta pada pembelajaranp kurikulump merdeka guru lebih banyak menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, dan terakhir proyekp kelasp serta hasilp proyekp yang dihasilkan oleh masing-masing siswa dari kelas I,II,IV, dan V yang melaksanakan kurikulum merdeka.

Article Details

How to Cite
Raden, R., Yulanti S. Mooduto, & Hendra Adiko. (2025). STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 01 LIMBOTO. Jurnal Lentera Edukasi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.70305/jle.v3i1.100
Section
Articles

References

Agustinus Tanggu Daga. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. (NTT: Jurnal Educatio, Vol. 7 No.3), 1075.

Aisyah Dwita Puspa Sari, Ahadin, Fauzi. 2023. Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Elementary Education Research.

Ayu Puspitasari, Akhmad Muadin, Agus Salim Salabi. 2023. Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Mengunakan Model CIPP di SD Bontang, An-Nizom.

Daga, T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 7, No. 3.

Eli Fitrotul Arofah. 2021. Evaluasi Kurikulum Pendidikan, Jurnal Tawadhu, Vol. 5 no.2

Handayani, Nengah Dwi, Mantra & Suwandi N. 2019. Integratin Collaborative Learning In Cyclic Learning Sessions To Promote Students’ Reading Comprehension And Critical Thinking, International Research Journal Of Managemen, IT and Social Sciences, Vol. 6, No. 5.

Jannati, Putri, Faisal Arief Ramadhan, adn Muhammad Agung Rohimawan. 2023. Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. All-Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak transisi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa. JUPEIS:jurnal pendidikan dan ilmu sosial,1(4).

Rezeki Putra, Sariani Hia, Erwin Zai. 2023. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Kepada Peserta Didik Di SD. Jurnal Suara Pengabdian.

Sabriadi & Nurul Wakita. 2021. Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Manajmen Pendidikan Islam.

Setiawati Fenty. 2022. The Impack Of Curriculum Change Policy On Learning Activities at School. Nizamul ilmi:Jurnal Manajemen Pendidikan Isla (JMPI).

Tio Ari Laksono & Imania Fatwa Izzulka. 2022. Evaluasi Pemngembangan Kurikulum Pendidikan, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no.3.

Wuwur, Erwin Simon Paulus Olak, Uung Gundo Saputro, Linda Puspita, Rizki Kusumaningrum, adn radeni sukma indra dewi. 2022. Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013, JIIP:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.