STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 01 LIMBOTO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Muhammadiyah 1 Limboto dengan menggunakan model CIPP yakni konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dengan sumber data subjek dari penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasip kurikulump merdekap dip SD Muhammadiyah 1 Limboto relatifp memadaip dalam melaksanakanp kurikulum merdekap baikp dilihatp darip segi, lingkunganp sertap keadaanp sekolah yang mendukung terhadap proses pelaksanaan kurikulum merdeka, kedua, pemahamanp gurup terhadapi kurikulump merdeka, walaupun masih terdapat beberapa guru yang mengandalkan internet dalam pembuatan modul ajar, ketiga, pemahamanp siswa terhadapo kurikulump merdeka, pada tahun pertama diterapkan kurikulum merdeka hanya terdapat sebagian siswa yang memahami kurikulum merdeka, keempat, bukup pedomanp gurup danp siswa sudah relatif memadai, kelima, Sumber daya manusia atau tenaga pendidik dalam kualifikasinya semua sudah strata 1 (S1), keenam, saranap danp prasarana yang tersedia disekolah sudah relatif memadai, dalam hal persiapanp mengajarp kurikulump merdeka guru lebih banyak menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, serta pada pembelajaranp kurikulump merdeka guru lebih banyak menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, dan terakhir proyekp kelasp serta hasilp proyekp yang dihasilkan oleh masing-masing siswa dari kelas I,II,IV, dan V yang melaksanakan kurikulum merdeka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits
References
Agustinus Tanggu Daga. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. (NTT: Jurnal Educatio, Vol. 7 No.3), 1075.
Aisyah Dwita Puspa Sari, Ahadin, Fauzi. 2023. Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Elementary Education Research.
Ayu Puspitasari, Akhmad Muadin, Agus Salim Salabi. 2023. Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Mengunakan Model CIPP di SD Bontang, An-Nizom.
Daga, T. 2021. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 7, No. 3.
Eli Fitrotul Arofah. 2021. Evaluasi Kurikulum Pendidikan, Jurnal Tawadhu, Vol. 5 no.2
Handayani, Nengah Dwi, Mantra & Suwandi N. 2019. Integratin Collaborative Learning In Cyclic Learning Sessions To Promote Students’ Reading Comprehension And Critical Thinking, International Research Journal Of Managemen, IT and Social Sciences, Vol. 6, No. 5.
Jannati, Putri, Faisal Arief Ramadhan, adn Muhammad Agung Rohimawan. 2023. Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. All-Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak transisi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa. JUPEIS:jurnal pendidikan dan ilmu sosial,1(4).
Rezeki Putra, Sariani Hia, Erwin Zai. 2023. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Kepada Peserta Didik Di SD. Jurnal Suara Pengabdian.
Sabriadi & Nurul Wakita. 2021. Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Manajmen Pendidikan Islam.
Setiawati Fenty. 2022. The Impack Of Curriculum Change Policy On Learning Activities at School. Nizamul ilmi:Jurnal Manajemen Pendidikan Isla (JMPI).
Tio Ari Laksono & Imania Fatwa Izzulka. 2022. Evaluasi Pemngembangan Kurikulum Pendidikan, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no.3.
Wuwur, Erwin Simon Paulus Olak, Uung Gundo Saputro, Linda Puspita, Rizki Kusumaningrum, adn radeni sukma indra dewi. 2022. Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013, JIIP:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.