IMPLEMENTASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SD LABORATORIUM UNG KOTA GORONTALO
Main Article Content
Abstract
Motivasi merupakan kekuatan pendorong yang membakitkan semangat dalam sebuah kegiatan pembelajaran itu sendiri, yang menjamin kelangsungan belajar itu sendiri dan merangsang peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga menimbulkan keinginan untuk belajar.Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana pendidik memberikan motivasi belajar dikelas, dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara melakukan observasi awal untuk melihat keadaan dilapangan dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data agar mendapatkan hasil dari tujuan penelitian yang ingin dicapai. Hasil yang ditemukan, pendidik menggunakan berbagai strategi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik, hal pendidik lakukan dengan cara yang berbeda-beda dengan melihat keadaan dan gaya belajar yang disukai peserta didik, dengan itu dapat disimpulkan motivasi yang diberikan sesuai dengan pengalaman yang ditemui pendidik dalam proses pembelajaran.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits
References
Astawa Gusti Lanang Gede Putra , dkk Inovasi Pembelajaranku: Kumpulan Naskah Finalis Dan Juara Guru SD Bali 2018, Bali: Yayasan Er Institue, 2020,
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Didaktika Jurnal Kependidikan, Volume 12.
Ari Fazli (2018) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Kelas V Sd Negeri 182/I Hutan Lindung jurnal: PGSD FKIP Universitas Jambi.
Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi Kehidupan. Guepedia.Com.
Dwi Cahyono, D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan,
Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Feny Rita, dkk, Metode Penelitian Kualitatif, Cet ke-1, (Padang: PT. Global Eksekutif
Teknologi, 2022),
Fitri Rahmawati, Syahrul Amar, Evaluasi Pembelajaran Sejarah, Cet ke-1
(Lombok:Universitas Hamzanwadi Press, 2020),
Ibrohim, M., & Purwanty, N. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Sumampir). Jurnal ProTekInfo, 4(2017).
Junizon, M. (2018). Pengaruh Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional, Self Efficacy dan Advertisy Quotient terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 65-80.
Mayasari, A, Pujasari, W, Ulfah, U., & Arifidin. “ pengaruh media visual pada meteri pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik”. Jurnal tahsisia, vol 2 no 2, (2021):
Nisrinafatin. “ Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajat Siswa”. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol 1 No 1 (Tahun 2020)
Rusnawati, M. “Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol 4 no 1, (Tahun 2020):
Rahman S. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. (Tahun 2020):
Rahman S. “ Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. (tahun 2022):
Sunarti Rahman “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar” Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0 2021
Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung Alphabet.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supit, Deisye, et al. "Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa." Journal on Education 5.3 (2023): 6994-7003.
Telaumbanua, U., Ziliwu, D., & Harefa, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–12.