IMPLEMENTASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SD LABORATORIUM UNG KOTA GORONTALO

Main Article Content

Sungmi Setia Ningsi
Lia Nurhayati
Hendra Adiko

Abstract

Motivasi merupakan kekuatan pendorong yang membakitkan semangat dalam sebuah kegiatan pembelajaran itu sendiri, yang menjamin kelangsungan belajar itu sendiri dan merangsang peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga menimbulkan keinginan untuk belajar.Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana pendidik memberikan motivasi belajar dikelas, dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara melakukan observasi awal untuk melihat keadaan dilapangan dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data agar mendapatkan hasil dari tujuan penelitian yang ingin dicapai. Hasil yang ditemukan, pendidik menggunakan berbagai strategi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik, hal pendidik lakukan dengan cara yang berbeda-beda dengan melihat keadaan dan gaya belajar yang disukai peserta didik, dengan itu dapat disimpulkan motivasi yang diberikan sesuai dengan pengalaman yang ditemui pendidik dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Ningsi, S. S., Lia Nurhayati, & Hendra Adiko. (2025). IMPLEMENTASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SD LABORATORIUM UNG KOTA GORONTALO. Jurnal Lentera Edukasi, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.70305/jle.v3i1.101
Section
Articles

References

Astawa Gusti Lanang Gede Putra , dkk Inovasi Pembelajaranku: Kumpulan Naskah Finalis Dan Juara Guru SD Bali 2018, Bali: Yayasan Er Institue, 2020,

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Didaktika Jurnal Kependidikan, Volume 12.

Ari Fazli (2018) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Kelas V Sd Negeri 182/I Hutan Lindung jurnal: PGSD FKIP Universitas Jambi.

Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi Kehidupan. Guepedia.Com.

Dwi Cahyono, D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan,

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Feny Rita, dkk, Metode Penelitian Kualitatif, Cet ke-1, (Padang: PT. Global Eksekutif

Teknologi, 2022),

Fitri Rahmawati, Syahrul Amar, Evaluasi Pembelajaran Sejarah, Cet ke-1

(Lombok:Universitas Hamzanwadi Press, 2020),

Ibrohim, M., & Purwanty, N. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: Sekolah Dasar Negeri Sumampir). Jurnal ProTekInfo, 4(2017).

Junizon, M. (2018). Pengaruh Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional, Self Efficacy dan Advertisy Quotient terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 65-80.

Mayasari, A, Pujasari, W, Ulfah, U., & Arifidin. “ pengaruh media visual pada meteri pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik”. Jurnal tahsisia, vol 2 no 2, (2021):

Nisrinafatin. “ Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajat Siswa”. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol 1 No 1 (Tahun 2020)

Rusnawati, M. “Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol 4 no 1, (Tahun 2020):

Rahman S. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. (Tahun 2020):

Rahman S. “ Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. (tahun 2022):

Sunarti Rahman “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar” Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0 2021

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung Alphabet.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supit, Deisye, et al. "Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa." Journal on Education 5.3 (2023): 6994-7003.

Telaumbanua, U., Ziliwu, D., & Harefa, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–12.