IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SDN 3 BULANGO SELATAN
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar di SD Negeri 3 Bulango Selatan dan kendala-kendalanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan pelaksanaan layanan bimbingan belajar di kelas III, IV dan V di SD Negeri 3 Bulango Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru kelas III, IV, V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dengan cara uji kredibilitas meliputi triangulasi teknis yaitu dengan memeriksa data dari sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah membuat program layanan bimbingan belajar. Pelayanan bimbingan belajar dilaksanakan oleh guru sesuai dengan pemahamannya. Pelayanan bimbingan belajar oleh guru dipahami sebagai suatu bentuk bantuan kepada siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai target yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan layanan bimbingan belajar, guru mengalami kendala antara lain keterbatasan pemahaman, waktu dan keterampilan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits
References
Abdurrahman, M, (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesukitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Anas Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Donald G. Mortenson Marsudi, L. 2003. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Malang: UNM Press.
Ekwal & Shanker (1983) dan Robinson (1946) yang dikutip oleh Lovit (1989: 196-199)
Fenti Hikmawati. 2011. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada Gendon Barus dan Sri Hastuti. 2011. Kumpulan Modul Pengembangan Diri. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Hermawan Kertajaya. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Hermawan. (2012). Bimbingan Belajar dab Remedial Akademik. Surakarta: UNS Press.
Kriyantono, Rachmat. (2008). PR Writing: Media Public Relations MembangunCitra Korporat, Jakarta: Kencana
Lexy J. Moleong 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong,L.J (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Martini Jamaris. (2013). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nana Syaodih & Sunaryo Kartadinata. (2007). Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor Selatan.
Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Jakarta: Rineka Cipta.
Shertzer B. & Stone Chelly C. (1981). Fundamentals of Guidance, HoughtonMifflin Company,Boston
Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakarya
Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2014.Cet.ke-6.