IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SDN 3 BULANGO SELATAN

Main Article Content

Nur Darmita Amrin
Lia Nurhayati
Fandi H. Binggo

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan belajar di SD Negeri 3 Bulango Selatan dan kendala-kendalanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan pelaksanaan layanan bimbingan belajar di kelas III, IV dan V di SD Negeri 3 Bulango Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru kelas III, IV, V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dengan cara uji kredibilitas meliputi triangulasi teknis yaitu dengan memeriksa data dari sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah membuat program layanan bimbingan belajar. Pelayanan bimbingan belajar dilaksanakan oleh guru sesuai dengan pemahamannya. Pelayanan bimbingan belajar oleh guru dipahami sebagai suatu bentuk bantuan kepada siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai target yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan layanan bimbingan belajar, guru mengalami kendala antara lain keterbatasan pemahaman, waktu dan keterampilan.

Article Details

How to Cite
Amrin, N. D., Lia Nurhayati, & Fandi H. Binggo. (2025). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SDN 3 BULANGO SELATAN. Jurnal Lentera Edukasi, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.70305/jle.v3i1.103
Section
Articles

References

Abdurrahman, M, (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesukitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Anas Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Donald G. Mortenson Marsudi, L. 2003. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Malang: UNM Press.

Ekwal & Shanker (1983) dan Robinson (1946) yang dikutip oleh Lovit (1989: 196-199)

Fenti Hikmawati. 2011. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada Gendon Barus dan Sri Hastuti. 2011. Kumpulan Modul Pengembangan Diri. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Hermawan Kertajaya. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Hermawan. (2012). Bimbingan Belajar dab Remedial Akademik. Surakarta: UNS Press.

Kriyantono, Rachmat. (2008). PR Writing: Media Public Relations MembangunCitra Korporat, Jakarta: Kencana

Lexy J. Moleong 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong,L.J (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martini Jamaris. (2013). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nana Syaodih & Sunaryo Kartadinata. (2007). Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor Selatan.

Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Jakarta: Rineka Cipta.

Shertzer B. & Stone Chelly C. (1981). Fundamentals of Guidance, HoughtonMifflin Company,Boston

Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakarya

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2014.Cet.ke-6.