PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH UNGGULAN KOTA GORONTALO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pendidik, dan Peserta Didik. Analisis data hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo telah berada pada tahap siap walaupun masih ada beberapa indikator yang lemah pelaksanaannya. Pada indikator kebutuhan belajar peserta didik telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada aspek minat, aspek profil belajar Peserta Didik, dan aspek kesiapan belajar yang terlaksana dengan baik. Untuk indikator pembelajaran berdiferensiasi terdapat 4 sub indikator yakni diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar masih relatif belum efektif pelaksanaannya. Adapun kendala yang ditemukan terletak pada diferensiasi konten baik dari Pendidik maupun Peserta Didiknya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits
References
Alhafiz, Nurzaki. Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022.
Aprima, Desy, and Sasmita Sari. Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2022.
Arfani, Laili. Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 2018.
Azmy, B., & Fanny, A. M. Literature review: pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217-223, 2023.
Fanorama, Gulo, Amin Otoni Harefa, and Yakin Niat Telaumbanua. "Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Mandrehe." Formosa Journal of Applied Sciences 1.5 (2022): 625-636.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2022.
Festiawan, Rifqi. "Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran." Universitas Jenderal Soedirman 2020.
Fitri, S. F. N. Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620, 2021.
Gasperz, Jefry, Christina Sososutiksno, and Rita JD Atarwaman. "Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Praktikum." Jurnal Maneksi Management Ekonomi Dan Akuntansi, (2019)
Gunawan, Lilik Kustiani, and Lilik Sri Hariani. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 2018.
Hermawan, Asep. "Konsep belajar dan pembelajaran menurut al-ghazali", Qathrunâ, 2014.
Herwina, Wiwin. "Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi." Perspektif Ilmu Pendidikan, 2021.
Juniardy Wilman.2023 “perinsip perinsip pembelajaran diferensiasi” January 15 2023.
Komalasari, Mahilda Dea. "Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi." Prosiding Seminar Nasional Pgsd Ust. Vol. 1. No. 1. 2023.
Lafendry, Ferdinal. "Teori Pendidikan Tuntas Mastery Learning Benyamin S Bloom." Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 6.1, 2023.
Lubis, Maulana Arafat. Pembelajaran Tematik di SD/MI; Pengembangan Kurikulum 2013. Samudra Biru, 2018.
Magdalena, Ina, et al. "Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan." EDISI 2.1, 2020.
Mahmudi, Ihwan, et al. Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2022.
Marlina, Leni, and Sholehun Sholehun. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa indonesia pada siswa kelas iv sd muhammadiyah majaran kabupaten sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2021.
Marzoan, Marzoan. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 2023.
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. "Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa." Prosiding Sesiomadika 2.1c (2020).
Naibaho, Dwi Putriana. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 2023.
Nofitasari, Fika Erlina, et al. Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2023.
Nurrita, Teni. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 2018.
Pane, Rezeki Noris Pane Sitorus, Sorta Lumbantoruan, and Sinta Dameria Simanjuntak. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2022.
Rabudin, 2020. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka. Retrieved 2020.
Rahman, Sunarti. "Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 2022.
Saputra, Domi, and Muhamad Fidri. "Penggunaan media flashcard dalam pembelajaran bahasa arab untuk penguasaan kosa kata." Jurnal as-said 2.1 (2022).
Septyana, Elsa, et al. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2023.
Stekom, Upaya memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi, Jurnal prosiding stekom, 2023.
Sulikah, Wiji, Agung Setyawan, and Tyasmiarni Citrawati. "Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4." Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 2020.
Sutrisno, Lucky Taufik, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. "Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan." DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7.2 (2023)
Suwandi, Ferina Putri Ery, et al. "Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten terhadap minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 1. 2023.
Wahyuni, Ayu Sri. "Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa", Jurnal Pendidikan MIPA, 2022.
Widana, I. Wayan, and Kadek Lisa Septiari. "Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM." Jurnal Elemen, 2021.