PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN MEDIA NYATA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN V ARJASA Edisi Agustus
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Group Investigation dengan bantuan media nyata pada mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana untuk siswa kelas V semester II di SDN V Arjasa tahun pelajaran 2023/2024. Siswa kelas V di SDN V Arjasa berjumlah 9 orang. Terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, dan Lembar Kerja Siswa. Data-data yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh melalui proses wawancara dengan guru wali kelas V mengenai proses belajar siswa selama ini. Bagaimana mengajak siswa untuk mampu aktif dan kreatif saat proses belajar mengajar berlangsung. Data juga diperoleh melalui hasil observasi penerapan metode Group Investigation dan tes formatif khusus mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana untuk siswa-siswi kelas V di SDN V Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Data penunjang lainnya yaitu catatan lapangan serta foto kegiatan yang sedang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Siklus I terdiri dari tahap identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V di SDN V Arjasa pada mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana mengalami peningkatan dan memenuhi kriteria ketuntasan minimum serta dinyatakan tuntas secara klasikal.
Rincian Artikel
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under
the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of
authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution
of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or
publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional
Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive
exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution
ShareAlike 4.0 International License.
License
![]()
Jurnal Lentera Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes
were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor
endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions
under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally
restrict others from doing anything the license permits